Selalu Ngantuk Setelah Buka Puasa

Selalu merasa ngantuk setelah berbuka puasa? Apa sih penyebab rasa ngantuk dan lemas setelah buka puasa? Kenapa hal ini seringkali kita alami? Alasan utamanya berhubungan dengan pola makan dan aktifitas keseharian kita. Tubuh yang tidak diisi nutrisi seharian penuh tentunya mengalami penurunan. Energi dalam tubuh berkurang, rasa haus menyerang karena cairan dalam tubuh menyusut.

Lantas, bagaimana sih cara mengatasi rasa kantuk ini? Yuk kita cari solusinya. Ketika berbuka puasa hindari makan yang berat-berat, tetapi awali dengan yang ringan dan menyegarkan. Awali buka puasa anda dengan minum segelas air putih. Ini fungsinya untuk segera mengembalikan cairan tubuh yang mulai berkurang. Kemudian lanjutkan dengan menyantap makanan yang manis misalnya kurma, makanan manis lebih cepat diproses tubuh menjadi energi. Namun anda tidak boleh mengkonsumsinya secara berlebihan karena makanan manis termasuk makanan berindek glikemik tinggi.
ngantuk setelah buka puasa

Setelah itu istirahatkan tubuh anda sejenak dari makanan. Biarkan tubuh memproses air dan makanan manis yang sudah masuk ke perut anda menjadi energi. Sehingga tubuh anda segera memperoleh kesegarannya kembali. Tahan dulu untuk menyantap main course anda agar tubuh tidak shock dengan masuknya makanan bertubi-tubi ke dalam perut.

Santapan berat di awal berbuka inilah yang menyebabkan rasa ‘ngantuk’ cepat datang. Ini dikarenakan lonjakan gula dalam darah yang berasal dari karbohidrat yang anda konsumsi menyebabkan pencernaan dengan susah payah harus memprosesnya. Disisi lain tubuh anda belum cukup energi dan ini membuat pekerjaan insulin cukup berat. Gula darah yang tinggi secara tiba-tiba dengan cepat mengalir ke syaraf otak anda, ujung-ujungnya otak anda mengirim sensor ke mata dan hasilnya rasa ‘ngantuk’ datang menyerang.
badan lemas dan ngantuk setelah buka puasa

Pola makan makanan yang berat saat berbuka juga menjadi penyebab meningkatnya berat badan. Normalnya ketika berpuasa, berat badan turun karena asupan makanan ke tubuh berkurang. Namun pada sebagian orang justru naik berat badannya. Lagi-lagi ini karena pola makan kita yang tidak tepat. Untuk itu hindari berbuka terlalu banyak dan perhatikan jumlah karbohidrat yang masuk dalam tubuh. Karbohidrat seperti nasi putih, tepung beras, gula pasir merupakan makanan yang sangat cepat menaikkan gula darah anda.

Sebenarnya ketika berbuka anda tidak membutuhkan makanan dengan kalori yang cukup banyak, karena kegiatan setelah berbuka tidak membutuhkan energi besar. Konsumsi makanan tinggi protein, vitamin dan serat jauh lebih baik, misalnya daging, telur, ayam, ikan, sayuran, buah-buahan. Ini tidak akan membuat perut anda terasa penuh dan cepat ‘ngantuk’, sehingga anda masih dapat beraktifitas sholat taraweh dengan segar bugar.

Untuk mendapatkan badan fit sepanjang hari, santapan sahur dengan kandungan karbohidrat, air, protein dan nutrisi lengkap menjadi lebih dibutuhkan karena anda harus beraktifitas keesokan harinya.

Tips mendapatkan badan sehat dan bugar saat berpuasa

  • Pada saat buka puasa hindari makanan yang terlalu berat agar tidak terjadi lonjakan gula darah yang akan memicu kenaikan berat badan anda dan membuat anda lesu dan cepat mengantuk
  • Ganti cairan tubuh yang mulai menyusut dengan minum air putih sesuai kebutuhan tubuh segera saat berbuka. Ini berfungsi untuk segera mengembalikan energi dan kesegaran tubuh. Dan minumlah air putih yang cukup ketika sahur untuk cadangan cairan anda sepanjang hari.
  • Untuk menjaga kebugaran dan mengendornya otot-otot tetaplah melakukan olahraga. Anda bisa melakukannya menjelang buka puasa atau pada malam hari. Anda dapat mengurangi porsinya tapi tidak berarti menghentikan kegiatan ini sama sekali.
  • Perbanyak makan sayuran dan buah-buahan untuk memenuhi kebutuhan serat, vitamin dan cairan dalam tubuh. Ketika berpuasa waktu kita bersantap sangat terbatas sehingga makanan yang masuk dalam tubuhpun berkurang, sehingga memilih makanan yang berkualitas sesuai kebutuhan tubuh sangat disarankan. baca juga: Sayuran sumber serat alami
  • Hindari menyantap makanan yang mengandung minyak tinggi seperti gorengan, ini akan membuat anda mudah lesu sepanjang hari. Juga minuman bersoda yang justru membuat anda akan kehausan.
  • Istirahat yang cukup. Kegiatan beribadah di bulan Ramadhan biasanya lebih banyak dari bulan-bulan lainnya. Namun anda tetap membutuhkan istirahat yang cukup untuk tetap tampil dengan badan sehat dan bugar. Hindari begadang yang tidak perlu.
  • Makanlah sahur menjelang waktu imsak, ini akan memberikan anda 2 manfaat sekaligus. Dengan makan menjelang imsak maka perut anda tidak akan kelaparan ketika beraktifitas esok harinya dan waktu tidur anda tidak terganggu karena anda tidak harus bangun lebih awal.
  • Mandi mendekati waktu berbuka puasa. Dengan mandi tubuh akan memperoleh kesegaran terutama kulit dan anda siap berbuka puasa. Ini akan membuat anda lebih energik dan fresh.
  • Hindari makanan terlalu pedas dan asam selama bulan puasa. Perut, mulut, tenggorokan maupun organ pencernaan lain tidak berproduksi/istirahat selama 10-14 jam selama puasa. Ketika menerima makanan pedas dan asam reaksi tubuh adalah kaget, sehingga perut akan terasa sakit, timbul radang tenggorokan, sariawan, asam lambung naik dan lain sebagainya.