Mengapa Miss V Sering Terasa Sakit?

Bagian kewanitaan atau yang lebih sering disebut miss v, merupakan organ unik pada wanita yang membedakan wanita dengan laki-laki. Areal tubuh yang letaknya tersembunyi diantara kedua paha ini membutuhkan perhatian dan perawatan khusus. Namun, tidak jarang wanita sendiri kurang peduli dan tidak tahu bagaimana merawat asetnya tersebut, sehingga masalah seputar kesehatan miss v sering terjadi. Baca juga: penyebab miss v berbau tak sedap.

Kebersihan daerah sekitar miss v yang kurang terjaga sering menjadi faktor penyebab munculnya masalah, misalnya saja sering kencing, ketika kencing terasa panas dan terbakar, gatal-gatal, nyeri, keputihan dan lain sebagainya.
apa penyebab miss v sakit

Nah, pada artikel kali ini kita akan mengulas tentang apa saja yang menjadi penyebab area miss v yang terasa nyeri atau sakit. Yuk gals, kita cari tahu agar lebih memahami hal-hal yang berhubungan dengan daerah kewanitaan ini.

Herpes Genitalis
Adalah penyakit infeksi akut pada organ genital dengan gambaran khas berupa vesikel berkelompok pada dasar eritematosa, dan cenderung bersifat rekuren. Penyakit ini umumnya disebabkan oleh herpes simplek virus tipe 2 (HSV-2), tetapi pada sebagian kecil bisa juga disebabkan oleh tipe 2.

Virus ini biasanya menyerang daerah sensitif seperti bokong, daerah anal, dan alat kelamin. Menurut Center of Desease Control, terdapat 1 dari setiap enam orang dewasa pernah menderita herpes genetalis. Ada 2 macam HSV: HSV tipe 1 dan tipe 2, keduanya merupakan penyebab herpes genital. HSV tipe 2 sering ditularkan melalui hubungan intim dan menyebabkan rekurensi dan alserasi genital yang nyer. HSV tipe 1 biasanya menyerang daerah mulut sedangkan tipe 2 bagian genital.
miss v sakit

Pertanda yang sering nampak adalah timbulnya sekumpulan vesikel pada kulit atau mukosa dengan rasa seperti terbakar dan gatal, merah dan berair di daerah kelamin, gatal dan seperti terbakar, nyeri, demam dan terkadang terjadi pembengkakan kelenjar getah bening. Penyakit ini biasanya timbul tanpa gejala yang pasti, tetapi selalu bisa dipastikan penularan karena hubungan seqsual, masa inkubasi 3-5 hari kemudian pada daerah kemaluan timbul gerombolan vesikel, di atas kulit terlihat kemerahan dan rasanya nyeri dan bila pecah meninggalkan bekas. Sering disertai pembesaran yang nyeri. Penyakit ini sering kambuh karena faktor tertentu misalnya kelelahan fisik, stress mental atau infeksi sistemik lainnya.

Pengobatan secara umum pada herpes genital bisa dengan menjaga kebersihan lokal, menghindari trauma dan faktor pencetus. Adapun obat-obat yang dapat menangani penyakit ini adalah asiklovir, valasiklovir, famsiklovir. Prognosis akan lebih baik seiring dengan perkembangan usia terutama pada orang dewasa. Terapi antivirus efektif menurunkan manifestasi klinis herpes genitalis.

Jamur Candida
Infeksi jamur vagina disebabkan oleh spesies jamur yang disebut Candida Albicans. Jamur ini dalam jumlah kecil biasanya tinggal pada alat kelamin, rongga mulut dan saluran pencernaan, baik itu pada pria dan wanita dan akan berkembang ketika dipicu oleh sejumlah penyebab seperti kekebalan tubuh yang menurun atau rusak (seperti pada HIV/AIDS dimana terjadi kehancuran T cell pada sel darah putih).
penyebab miss v sakit

Pada vagina yang dilindungi oleh cairan mukosa yang bersifat asam membuat candida ini tidak bisa berkembang dengan baik. Namun pada saat keasaman terganggu maka terjadilah vagina candidanosis dengan gejala rasa gatal yang mencolok. Apa sebenarnya yang menyebabkan terganggunya keasaman vagina? jawabannya adalah hubungan seqsual. Cairan semen yang dihasilkan oleh pria bersifat basa, ini bertujuan untuk menetralisir keasaman di vagina guna melindungi sperma yang dihasilkan agar bisa bertahan hidup dan bertemu sel telur.

Beberapa penyebab lain yang memungkinkan berkembangnya jamur pada daerah kelamin dan kulit sensitif lainnya:
– Pengobatan dengan antibiotik, seseorang yang menggunakan antibiotik untuk pengobatan infeksi, efek yang ditimbulkan dari antibiotik bisa membunuh bakteri baik yang biasanya menjaga keseimbangan jamur sehingga menyebabkan tumbuhnya jamur secara berlebih.
– Diabetes yang tidak terkontrol yang menyebabkan terlalu banyak kandungan gula dalam urin dan vagina.
– Kehamilan yang mengubah kadar hormon.
– Pemakaian alat konstrasepsi/KB

Infeksi Vagina
Infeksi vagina merupakan infeksi yang sering terjadi pada daerah kewanitaan. Infeksi ini ditandai dengan keputihan dalam jumlah banyak dan terus menerus bahkan cenderung berbau kuat dan berwarna. Penyebabnya adalah bakteri yang tidak seimbang. Di dalam vagina tumbuh bakteri baik dan bakteri jahat, bakteri baik berfungsi untuk menetralisir berkembangnya bakteri jahat.
sakit di sekitar bagian miss v

Ketika terjadi perubahan tertentu pada vagina misalnya kebersihan yang kurang terjaga, melakukan kepada lebih dari 1 pasangan, hal ini memicu tumbuh pesatnya bakteri jahat dan menimbulkan infeksi pada vagina. Infeksi vagina rentan terjadi pada wanita dengan seqsual aktif tapi tetap tidak menutup kemungkinan bagi pelaku seqsual tidak aktif pun terkena infeksi vagina.

Infeksi vagina dalam tahap awal memang tidak berbahaya dan tidak berpengaruh pada kesehatan tubuh lainnya, namun jika berlanjut, anda perlu memeriksakan diri ke dokter untuk mengetahui penyebabnya. Pada wanita hamil, infeksi vagina akut dapat meningkatkan risiko keguguran, lahir prematur, dan infeksi rahim setelah kehamilan.

Kanker Serviks
Kanker serviks merupakan penyakit kelamin yang banyak ditakuti oleh kaum wanita, dari catatan WHO, ribuan wanita meninggal karena penyakit ini dan merupakan penyebab kematian wanita nomor satu di dunia. Kanker serviks yang biasanya disebut dengan kanker leher rahim adalah kanker yang disebabkan oleh Virus Human Pappiloma yang menyerang leher rahim wanita.
miss v sakit saat berhubungan, haid, pipis kencing buang air kecil

Di negara-negara berkembang hanya 5% wanita yang melakukan pengobatan pada stadium awal, dan selebihnya mereka baru menyadari ketika kanker serviks sudah mencapai stadium menengah bahkan lanjut. Ini dikarenakan sosialisasi dan kepedulian wanita sendiri tentang bahaya kanker serviks sangat kurang.

Gejala-gejala awal juga sulit dideteksi sehingga sering ditemukan ketika sudah stadium akut. Wanita dianjurkan melakukan pemeriksaan berkala seperti papsmear untuk mendeteksi secara dini terjadinya gangguan. Penyebab utama kanker serviks adalah kurang terjaganya kebersihan alat reproduksi wanita, berganti-ganti pasangan seqsual, kebiasaan merokok, kurangnya asupan vitamin dan asam folat.

Keputihan
mengapa miss v terasa sakit
Keputihan atau flour albus adalah sekresi vaginal pada wanita. Ada 2 macam keputihan yang sering terjadi: keputihan normal (fisiologis) dan keputihan abnormal (patologis). Keputihan fisiologis adalah keputihan yang normal terjadi setiap bulannya, biasanya menjelang haid, sesudah haid atau ketika masa subur.

Sedangkan keputihan patologis disebabkan oleh infeksi bakteri, jamur, virus atau parasit. Infeksi ini menimbulkan rasa gatal di dalam vagina dan sekitar bibir vagina bagian luar, dapat menjalar ke saluran kencing dan timbul rasa perih ketika buang air kecil.

Keputihan fisiologis tidak berbahaya dan umum terjadi sebagai penanda anda akan menstruasi atau sedang subur. Keputihan patologis yang perlu diwaspadai karena ini bisa saja merupakan ciri-ciri anda terkena penyakit kelamin seperti herpes, candyloma, HIV.