Masalah Payudara Yang Sering Dihadapi Wanita

Payudara merupakan aset andalan yang sangat berharga bagi wanita. Sehingga demi mempercantik bagian yang satu ini banyak wanita melakukan permak untuk mempercantik tampilan payudaranya. Mulai dari melakukan penambahan ukuran dengan suntik silikon, pengecilan, ataupun pengangkatan agar terlihat kencang dan tidak melorot.

Namun di balik itu semua sering wanita menghadapi beberapa masalah dengan payudaranya. Berikut ini rangkuman problem yang sering dihadapi wanita sehubungan dengan payudaranya yang perlu diketahui:
masalah payudara pada wanita

1. Payudara kendur/melorot. Seiring dengan pertambahan usia, bentuk payudara wanita usia 40 tahunan akan mengalami perubahan yaitu melorot dan berkurang elastisitasnya, sehingga penampilannya tidak sesegar dan sekencang sebelumnya. Perubahan ini sangat alami dan akan dirasakan oleh semua wanita. Malah sebagian perempuan mengalaminya lebih awal karena faktor tertentu misalnya gaya hidup yang tidak sehat seperti merokok, alkohol, lingkungan yang tidak sehat, makanan dan lain sebagainya akan mempercepat perubahan bentuk payudara. baca juga: Payudara dan faktanya yang wanita harus tahu

2. Munculnya stretch mark di sekitar payudara. Garis-garis putih pada kulit sering muncul pada sebagian wanita remaja-dewasa. Garis-garis putih ini biasanya ada di sekitar payudara, perut, paha atas, bokong bahkan lengan bagian atas. Faktor gen/keturunan sangat berperan menurunkan stretch mark ini pada keturunannya (anak, cucu). Penanganan terhadap stretch mark tidak mudah apalagi kalau sudah lama/menahun. Stretch mark yang masih baru (garisnya berwarna merah) masih mungkin disamarkan dengan gel/krim namun stretch mark yang sudah menahun bisa disamarkan dengan cara di laser.

3. Payudara tiba-tiba terasa sakit seperti tertusuk jarum. Pernahkah anda mengalami nyeri tiba-tiba di sekitar dada atau payudara anda tetapi durasinya tidak berlangsung lama. Permasalahan ini disebabkan karena adanya penjalaran pada otot yang tegang. Hal ini bisa terjadi ketika anda selesai olahraga, habis menyetir, atau mengangkat beban berat atau juga karena aktifitas di luar ruangan. Rasa nyeri ini akan hilang dengan sendirinya, namun jika beberapa hari masih terasa jangan ragu untuk memeriksakan ke dokter untuk memastikan rasa nyeri tersebut.

4. Puting dan area sekitarnya berwarna gelap. Seperti juga warna kulit yang bermacam-macam ada yang putih, sawo matang, coklat, hitam, puting payudara juga mempunyai warna berbeda-beda tingkatannya pada setiap wanita. Ini normal dan bukan merupakan penyakit yang anda harus waspadai. Anda cukup merawatnya agar tetap sehat. Faktor umur yang semakin bertambah juga akan semakin membuat warnanya lebih gelap.

5. Masalah payudara yang besar sebelah. Payudara kita terdiri dari kelenjar susu, otot, dan juga jaringan lemak. Ukuran payudara wanita secara umum memang tidak sama persis. Payudara sebelah kiri lebih berisi dari payudara sebelah kanan. Ini normal dan semakin besar payudara anda akan semakin terlihat perbedaannya. Jadi dari sisi kesehatan tak ada yang perlu dikhawatirkan.

6. Terasa sakit ketika menstruasi. Beberapa hari sebelum dan selama datang bulan / nifas kita akan merasakan nyeri pada payudara. Ini terkait dengan meningkatnya produksi hormon estrogen menjelang menstruasi. Rasa sakit ini tidak berbahaya dan akan mereda seiring dengan berakhirnya menstruasi. Sebelum dan selama menstruasi payudara kita akan cenderung lebih besar dari ukuran biasanya.
permasalahan payudara perempuan abg remaja, dewasa, dan ibu

7. Benjolan pada payudara. Ada dua jenis benjolan yang perlu diwaspadai yang sering terjadi pada payudara kita. Yang pertama benjolan yang tidak berbahaya, ketika kita sedang lelah tiba-tiba ada benjolan pada payudara kita. Ini biasanya akan hilang selang beberapa hari dan benjolan ini tidak berbahaya. Yang kedua benjolah karena penyakit yang berbahaya, jika anda merasakan ada benjolan aneh yang muncul pada payudara anda, dan tidak hilang setelah berhari-hari. Periksakan ke dokter untuk mengetahui lebih jelas.

8. Ukuran yang terlalu besar. Ukuran payudara yang jumbo terkadang membuat si empunya kurang percaya diri sehingga berusaha menutupinya dengan memakai pakaian longgar atau pakaian berwarna gelap. Payudara super big juga kurang fleksible ketika kita berolahraga sehingga wanita dengan payudara besar malas berolahraga karena alasan ini. Tapi anda patut berbangga karena banyak mereka yang mempunyai payudara kecil rela merogoh kocek dalam-dalam demi mendapatkan payudara besar dengan operasi.

9. Memilih bra yang cocok. Salah satu problem wanita seputar payudara adalah kekurangpahaman bagaimana memilih bra yang sesuai dengan ukuran payudaranya. Memakai bra yang tepat akan mempengaruhi bentuk dan penampilan payudara anda. Gunakan ukuran yang pas. Ketika anda membeli bra, jangan segan untuk mencobanya terlebih dahulu, karena ukuran bra yang sama dengan merek yang berbeda belum tentu sama.

10. Perawatan payudara. Sebagian wanita kurang paham dan bahkan kurang peduli terhadap perawatan payudaranya. Sama seperti bagian tubuh lainnya, payudara juga memerlukan sentuhan perawatan. Lakukan pemijatan dengan minyak zaitun/lotion pada sekitar area payudara anda agar kulit payudara tetap sehat dan peredaran darahnya lancar.