Fakta Unik Tentang Menstruasi Pada Wanita

Menstruasi atau haid atau datang bulan adalah perubahan fisiologis dalam tubuh wanita yang terjadi secara berkala dan dipengaruhi oleh hormon reproduksi baik FSH-Estrogen atau LH-Progesteron. Tamu bulanan ini kadang kehadirannya menjadi sangat merepotkan karena disertai hal-hal yang ganjil pada tubuh.

Namun menstruasi atau haid adalah proses alami pada setiap wanita yang merupakan proses deskuamasi atau luruhnya dinding rahim pada bagian dalam atau endometerium yang kemudian keluar melewati vagina. Ada banyak fakta unik & menarik yang wanita perlu tahu ketika menstruasi, terutama bagi gadis yang baru menginjak remaja. Apa saja hal-hal yang perlu anda ketahui dibalik haid atau menstruasi ini?
fakta haid datang bulan pada wanita

Fakta Wanita Datang Bulan

1. Meriang/demam. Pada sebagian wanita beberapa hari sebelum menstruasi biasanya mengalami demam dan meriang. Ini yang disebut dengan Pre Menstrual Syndrome (PMS) yang merupakan kumpulan gejala fisik, psikologis dan emosi yang terkait dengan siklus menstruasi wanita. Hal ini terjadi karena adanya ketidakseimbangan hormon estrogen dan progesteron di dalam tubuh pra haid. Suhu tubuh meningkat, badan terasa nyeri dan pegal-pegal. Kondisi ini menimbulkan rasa malas beraktifitas, bahkan pada sebagian wanita harus mengambil cuti bekerja.

2. Tubuh mengeluarkan keringat lebih banyak dan bau badan lebih kuat. Ini adalah sesuatu yang normal dialami oleh wanita yang sedang haid. Ini dikarenakan di dalam tubuh terjadi peningkatan hormon kewanitaan. Pada saat menstruasi di sarankan wanita lebih meningkatkan kebersihan badannya, bukan saja mengganti tampon lebih sering agar kewanitaan anda tetap kering, gunakan baju berbahan lembut dan tidak panas yang mudah menyerap keringat agar anda tetap merasa nyaman dan tidak gerah.

3. Libido naik. Ini terkait dengan masa ovulasi wanita, dimana saat menjelang menstruasi hormon progesteron mencapai puncaknya. Dan inilah yang menjadi alasan mengapa wanita sangat bergairah untuk bercinta menjelang haid. Karena tingginya hormon progesteron dalam tubuh menjadikan wanita lebih mudah berfantasi dan membayangkan hal-hal menantang bersama pasangan. Nah mengapa tidak mencoba membuktikannya, ajaklah pasangan anda bermain ketika mendekati masa menstruasi pasti dengan senang hati dia akan menerimanya.
fakta perempuan datang bulan

4. Lebih sensitif. Ini juga merupakan salah satu fakta tentang wanita yang sedang menstruasi. Mudah marah dan tersinggung saat menjelang haid kerapkali dialami wanita yang merupakan salah satu tanda Pre Menstrual Syndrome (PMS). Penyebab suasana hati yang mudah marah dan tersinggung tersebut bukan disebabkan oleh hormon tetapi lebih karena terjadinya respon sel otak yang disebut reseptor GABA. Pada wanita yang mengalami PMS terjadi lonjakan aktivitas pada otak kecil yang dipicu oleh stress, perasaan cemas dan tidak terkontrol. Inilah yang menyebabkan emosi wanita yang sedang haid gampang tersulut sehingga menjadi lebih sensitif, mudah marah, uring-uringan.

5. Nyeri di perut. Rasa sakit/nyeri di perut bagian bawah pada awal menstruasi kerap dirasakan oleh wanita. Kadang-kadang rasa sakit ini menjadi tidak tertahankan pada sebagian wanita sehingga menganggu aktifitas. Pada saat menstruasi terjadi kontraksi pada otot dinding rahim sebagai bagian dari peluruhan dinding rahim. Kontraksi tersebut menekan pembuluh darah yang mengelilingi dinding rahim sehingga memutuskan suplai darah dan oksigen ke rahim. Ketiadaan suplai darah dan oksigen inilah menyebabkan jaringan rahim melepaskan bahan kimia yang menyebabkan rasa nyeri. Namun pada kondisi tertentu sakit yang dirasakan teramat sangat, anda perlu mewaspai akan adanya penyakit tertentu. Sebaiknya anda memeriksakan diri ke dokter.
fakta unik dan menarik seputar menstruasi

6. Nafsu makan meningkat. Fluktuasi hormon estrogen dan progesteron dalam tubuh menjelang haid meningkatkan nafsu makan wanita. Keinginan makan kadang menjadi tidak terkendali, rasa ingin mengkonsumsi yang manis-manis dan yang pedas-pedas jadi lebih menggila. Ini yang perlu diwaspadai, tetap kendalikan nafsu makan anda atau kalau tidak maka berat badan anda akan melonjak karena kebiasaan makan yang akan terus terbawa. Hormon estrogen dalam tubuh berfungsi sebagai insulin, gula darah gampang drop sehingga menjadikan tubuh cepat terasa lapar. Pada masa menjelang haid tubuh mengalami water rentention yakni menahan air dalam jumlah lebih banyak dalam tubuh. Inilah yang menyebabkan tubuh lebih berat dan perut lebih gendut dari hari biasanya.

7. Payudara mengencang. Alasan utama payudara mengencang atau mengeras ketika menjelang haid adalah karena sekresi hormon estrogen yang lebih tinggi. Kelebihan estrogen pada tubuh inilah yang menyebabkan terjadinya pembengkakan dan rasa nyeri pada wanita 7-10 hari menjelang haid. Keadaan ini wajar dialami oleh semua wanita menjelang datang bulan dan akan menghilang seiring dengan selesainya masa menstruasi. Rasa nyeri, ngilu bahkan ukuran payudara juga cenderung lebih besar dari biasanya. Jika rasa nyeri berlebihan anda bisa mengompresnya dengan air hangat untuk meredakan nyeri tersebut.
fakta dan mitos tentang haid

8. Waktu menstruasi yang selalu berubah. Masalah psikologis sangat mempengaruhi waktu menstruasi, kadang datang lebih awal tetapi tidak jarang mundur sampai berhari-hari. Ini yang membuat jantung dag dig dug ketika bulanan datang terlambat dan kita belum menginginkan hadirnya anak. Kelelahan karena aktifitas yang sangat padat, stress, perubahan suasana hati ikut berpengaruh terhadap siklus menstruasi seseorang. Pada gadis yang baru mendapatkan datang bulan siklus menstrusi yang berubah-ubah adalah wajar, juga pada wanita yang mendekati waktu menopouse.

9. Berbau anyir. Kebiasaan kita mengkonsumsi makanan berpengaruh terhadap darah haid kita. Orang yang suka makan makanan berbau amis, darah haidnya juga cenderung menimbulkan bau yang kuat. Ketika haid biasakan untuk makan makanan yang sehat, perbanyak makan sayuran, buah-buahan, minum air putih yang banyak dan kurangi makan ikan dan daging. Darah haid yang keluar setiap bulannya pun jumlahnya tidak selalu sama, terkadang sedikit tetapi tidak jarang pada periode tertentu anda mendapatkan haid sangat banyak.

10. Tetap bisa hamil. Berhubungan intim saat wanita sedang menstruasi tetap memungkinkan untuk hamil meskipun presentasenya kecil. Memang sperma mudah sekali mati hanya karena terkena udara setelah dikeluarkan, tetapi sperma yang sudah dilepaskan ke dalam rahim bisa bertahan 1 hari di dalam rahim, itu artinya jika anda berhubungan intim di akhir masa menstruasi maka kemungkinan sperma membuahi sel telur tetap besar. Berhati-hatilah jika anda tidak menginginkan kehamilan, setiap kemungkinan pembuahan bisa terjadi. Lebih baik tetap gunakan pelindung, karena selain untuk menghindari pembuahan, berhubungan saat menstruasi menggunakan pengaman juga menghindari tertularnya penyakit.